fbpx

Kolam Renang di Lantai 2 Minimalis, Sulit Tapi Berkesan Dramatis

Salah satu jenis konstruksi yang paling menantang namun menampilkan kesan dramatis secara visual adalah kolam renang di lantai 2 minimalis.

Bukan hanya bagian desain dan kedalaman saja yang harus kita pikirkan, juga membutuhkan tekhnik khusus agar kolam renang dapat tersemat dengan cantik tanpa menimbulkan kerusakan pada lantai pertama.

Fakta menyebutkan bahwa pembuatan kolam renang di lantai 2 minimalis jauh lebih sulit dibandingkan dengan jenis yang kita buat di tanah bawah.

Jadi, sebelum kamu benar-benar membuatnya, pastikan memperhatikan beberapa detail berikut ini.

Desain Rumah kolam Renang di Lantai 2

Desain Rumah kolam Renang di Lantai 2

Sebelum kita mulai, pastikan dulu bahwa kamu akan senantiasa menggunakan kolam renang tersebut dari waktu ke waktu.

Karena jika hanya ikut-ikutan gaya tetangga saja, maka hanya akan menghabiskan puluhan juta rupiah untuk membuatnya – dan itu merupakan pemborosan.

Jika memang pembuatan kolam renang tersebut atas dasar kebutuhan dan hobi, maka barulah kita memikirkan sebuah desain dari kolam renang itu sendiri.

Selain daripada bentuk, juga pikirkan baik-baik mengenai kedalaman. Pisahkan antara kolam renang dewasa dan anak-anak jika di rumah kamu dihuni oleh keluarga berencana.

Semakin rumit sebuah desain, maka pengerjaannya pun akan semakin sulit. Dengan begitu patut dipertimbangkan terlebih dahulu mengenai tahap krusial yang satu ini.

Konstruksi Kolam Renang di Lantai 2

Konstruksi Kolam Renang di Lantai 2

Selanjutnya kita berbicara mengenai konstruksi dari kolam renang di lantai 2 minimalis. Pengerjaannya tentu tak boleh sembarangan karena akan menentukan keberhasilan dan penggunaannya dalam jangka panjang.

BACA JUGA :  Konsep Taman Masjid Minimalis untuk Umat Modern yang Beriman

Misalnya, kita harus menyewa profesional atau ahli di bidang bangunan atas yang bukan ecek-ecek.

Mereka yang mengerjakannya haruslah tahu dan ahli dalam pembuatan pondasi, waterproofing, pemasangan keramik, dan lain sebagainya.

Ini karena kita akan memasukan ribuan liter air ke dalam sebuah bak besar, sehingga kolam membutuhkan pondasi yang mumpuni.

Waterproofing dan pemasangan keramik akan memungkinkan air tidak merembes dan bocor ke lantai di bawahnya, seringkali digunakan pula untuk lantai kamar mandi minimalis di lantai 2.

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa langkah cara membuat kolam renang di lantai 2 minimalis berikut ini:

  1. Tentukan Desain. Pastikan untuk menentukannya berdasarkan kebutuhan dan bukan gaya-gayaan semata. Ini termasuk kedalaman, panjang lebar, bentuk, dan fitur tertentu.
  2. Buat Pondasi. Kolam renang kita akan menampung berton-ton air di atasnya. Tak perlu wah, cukup buat pondasi cor beton saja sudah cukup kok!
  3. Coating dan Waterproofing. Inilah bagian yang membedakan antara satu konstruksi bangunan biasa dengan kolam renang lantai 2. Coating dan waterproofing akan mencegah kebocoran.
  4. Keramik dan Decking. Bukan hanya menampilkan keindahan, keramik dan decking juga termasuk ke dalam bagian konstruksi terpenting yang harus kita tambahkan ke dalamnya.

Mereka yang terampil pastinya akan menghasilkan kolam renang yang mantap!

Biaya Membuat Kolam Renang di Lantai 2

Biaya Membuat Kolam Renang di Lantai 2

Tentu saja, semakin berpengalaman para profesional yang kita sewa, maka akan semakin meningkatkan biaya daripada pembuatan kolam renang di lantai 2 minimalis itu sendiri.

Tergantung ukurannya, rata-rata biaya pembuatan kolam renang dipatok antara 4-6 juta rupiah per meternya, dan itupun jenis yang terletak di tanah atau lantai 1.

BACA JUGA :  Bukan Sekedar Ornamen, Desain Tugu Minimalis Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Jika di lantai 2 maka biayanya akan semakin tinggi lagi karena harus lebih diperkuat pada susunan waterproofing dan pondasinya.

Misalnya, dengan ukuran 3 x 7 meter dengan kedalam 100 cm saja harus membuat kita merogoh kocek hingga di atas 100 juta rupiah.

Jangan lupa siapkan biaya finishing dan fitur tambahan jika ingin tersemat berbagai macam furnitur pendukung lainnya.

Tinggalkan komentar