fbpx

4 Jenis Kolam Pancuran Minimalis Menjadi Terapeutik yang Menyehatkan

Kolam itu membutuhkan aliran air sebagai penghasil oksigen dan pengusir jentik nyamuk. Tapi daripada susah-susah mencari sungai terdekat, mending kita gunakan kolam pancuran minimalis yang dapat menyedot air dan dikeluarkan dari atas secara berulang dan otomatis.

Pancuran ini akan memberikan pemandangan yang begitu nikmat serta suara yang menenangkan. Saat malam tiba, bisa dijadikan obat untuk insomnia dan stres.

Sudah banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa suara alam seperti air ini dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan mental di saat yang bersamaan.

Aktivitas di dekat air mancur pun akan berubah menjadi terapeutik yang datang dari Ibu Pertiwi secara gratis.

Sudah bukan saatnya lagi kita menimbang-nimbang untuk menyematkan kolam pancuran minimalis, karena memang sudah menjadi kewajiban!

Pancuran Kolam Ikan Koi

Pancuran Kolam Ikan Koi

Kita memang bisa meningkatkan kesehatan ikan koi kita di kolam dengan siraman air terjun, akan tetapi media pancuran juga bisa terbuat dari figur spesies ikan sejenis.

Tapi bukan ikan betulan, melainkan sebuah patung yang sangat menyatu sebagai ornamental kolam di halaman rumah kita.

Jika bisa, carilah pancuran ikan koi yang ada alat penarik airnya. Jangan sampai instalasi alat tersebut terpisah karena akan merepotkan diri sendiri saat pemasangan nantinya.

Pilih pula yang sudah diwarnai dengan motif ikan koi. Atau jika suka dengan seni tanah liat, mungkin pemilihan patung yang belum diwarnai juga bisa menjadi referensi tambahan buat kamu gunakan.

Pancuran Kolam Ikan Dari Paralon

Pancuran Kolam Ikan Dari Paralon

Sebuah alat untuk aliran air pun bisa kita manfaatkan. Sebut saja paralon, yaitu sebuah pipa yang terbuat dari PVC dengan sifatnya yang tahan air.

BACA JUGA :  6 Tipe Lemari Perabot Minimalis Mengorganisir dan Mempercantik Hunian

Salah satu kelebihan yang tak boleh kamu remehkan darinya adalah kemudahan pada saat diperbaiki jika ada kebocoran pada jalurnya tersebut.

Bahkan kita bisa jadikan jalur air secara sekaligus jika ingin membuat kolam mendapatkan pasokan air langsung dari alam. Namun harus dipastikan dulu bahwa sumber airnya benar-benar bersih dan terbebas dari limbah pabrik.

Sementara untuk desainnya bisa kamu posisikan secara horizontal. Lubangi di bagian bawahnya dan tutup ujungnya secara permanen. Dengan begitu air akan menyembur ke area bawah secara maksimal.

Kolam Pancuran Bambu

Kolam Pancuran Bambu

Unsur alam nomor wahid namun mendapatkan peringkat kekuatan yang mirip seperti PVC telah dipegang oleh sejenis kayu bernama bambu.

Suasana orientalnya benar-benar tak dapat kamu elakkan. Ini karena gambaran pohon bambu sudah sangat erat sekali dengan negara Cina dan Jepang.

Kedua negara tersebut terkenal dengan musim gugurnya yang begitu indah. Nah, dengan menempatkan kolam pancuran minimalis yang terbuat dari bambu, maka kita bisa menarik suasana dan kesejukan musim gugur tersebut ke dalam hunian kita, sekalipun kita tinggal di daerah tropis Indonesia.

Negara kita pun termasuk ke dalam penghasil bambu terbanyak, sehingga air mancur bambu lebih mudah didapatkan. Faktanya, bambu merupakan jenis pohon dengan tingkat pertumbuhan paling cepat jika dibandingkan dengan pohon-pohon besar lainnya.

Kolam Pancuran Dinding Batu

Kolam Pancuran Dinding Batu

Menempel di dinding dengan bentuk yang nampak seperti guci juga dapat menjadi ide brilian sebagai ornamental eksterior hunian berupa kolam pancuran minimalis.

Pancuran ini bisa kita bikin bertingkat dengan posisi yang telah direncanakan atau ditentukan sebelumnya mengikuti arus air.

Dikarenakan batu lebih menyatu dengan unsur air, maka kesan alaminya bisa kamu rasakan secara maksimal di sini.

BACA JUGA :  Gambar Dipan Besi Minimalis untuk Duduk dan Tiduran Sambil Bersantai

Bisa kita gambarkan layaknya air terjun yang melewati cadas dan tebing bebatuan di pegunungan sana. Soalnya, suara dari jatuhnya air pun akan begitu terdengar jelas, terutama di malam hari saat suasana sekitar benar-benar sepi dari aktivitas kehidupan sehari hari.

Tinggalkan komentar