fbpx

Kolam Ikan Minimalis Batu Kali, 4 Fitur Ini Wajib Ditambahkan Biar Tambah Oke!

Pagar sudah gagah, garasi sudah oke, taman juga sudah cantik, namun masih saja berasa ada yang kurang? Mungkin kamu membutuhkan tambahan ornamental eksterior berupa kolam ikan minimalis batu kali yang mengasrikan halaman rumah.

Batu kali lebih disarankan karena jauh lebih murah, dan bisa disesuaikan dengan budget yang mungkin tengah pas-pasan.

Jangan berpikir pesimis dulu, karena melalui artikel ini kita akan sedikit membahas cara membuatnya nampak begitu indah dan tak membosankan.

Bahkan jika sukses, maka kolam pun akan menjadi titik fokus utama dari sebuah desain eksterior.

Cukup sematkan beberapa hal penting pada kolam ikan minimalis batu kali yang dibangun berikut, maka semuanya pasti beres!

Kolam Ikan Koi Batu Kali

Kolam Ikan Koi Batu Kali

Namanya kolam ikan, pasti dong elemen pertama yang muncul di kepala kita untuk disematkan di sana adalah hewan air.

Namun jangan sembarangan dalam memilihnya. Jika ingin mendapatkan tampilan megah dan mewah sekaligus penarik hoki, maka disarankan untuk memelihara ikan koi.

Di Jepang sendiri ikan ini sudah menjadi hewan peliharaan kaum bangsawan atau samurai. Bukan semata-mata kecantikannya, juga dampaknya pada lingkungan yang akan mencegah jentik nyamuk berkembang.

Dengan material batu kali sebagai elemen utamanya, kita dapat menghemat uang tanpa harus kehilangan unsur keindahan dan kemewahan pada ornamental eksterior kita tersebut.

Bahkan di toko tertentu, kerikil ini tersedia dengan warna-warna  yang begitu menarik. Pewarnaan ini tentunya dilakukan dengan sangat hati-hati agar tak mengeluarkan zat berbahaya bagi lingkungan sekitar.

BACA JUGA :  4 Model Roster Pagar Minimalis, Temukan yang Cocok Untuk Rumahmu

Kolam Ikan Batu Kali dan Air Terjun

Kolam Ikan Batu Kali dan Air Terjun

Jika tak tertarik dengan ikan koi, maka boleh-boleh saja memilih jenis ikan lain selama perawatan dan tampilan kolam ikan minimalis batu kali yang dibuat tepat.

Agar terhindar dari kesan monoton, maka kamu bisa menciptakan aliran sungai dan air terjun untuk kemudian bermuara di kolam ikan kita.

Cara ini sudah terbukti sangat efektif untuk menciptakan suara indah dari alam. Sangat efektif buat kamu yang tinggal di dekat dengan aliran sungai, sehingga nantinya muara air akan dilanjutkan lagi ke sungai utama tempat air tersebut datang.

Salah satu kelebihan daripada kolam ikan ini adalah anti terkena genangan jentik nyamuk yang berbahaya. Ini karena sifat dari serangga itu sendiri yang malas untuk bertelur di air yang bergerak.

Jikapun binatang ini memaksa, maka telur penetas jentik ini pun akan terbawa arus air hingga ke dataran rendah atau laut.

Kolam Ikan Batu Kali Bertingkat

Kolam Ikan Batu Kali Bertingkat

Kolam bertingkat menjadi alternatif terbaik buat kamu yang greget ingin membuat sebuah kolam ikan minimalis batu kali dengan fitur air terjun.

Cukup buat dua buah kolam dengan susunan bertingkat kemudian instal alat yang akan menyedot air dari kolam bawah ke kolam atas.

Selanjutnya, sifat alami air yang turun ke bawah akan menciptakan air terjun dengan suara indah.

Kelebihannya dari opsi ini membuat kita tak perlu tinggal di dekat sungai betulan. Namun kelemahannya terletak pada kebersihan air yang harus dijaga dari waktu ke waktu, terutama jika kamu memelihara ikan di sana.

Kolam Ikan Batu Kali dan Tanaman Air

Kolam Ikan Batu Kali dan Tanaman Air

Jika penggunaan alat untuk menciptakan aliran sungai dan air terjun dirasa menghabiskan saldo listrik kamu, maka carilah jenis yang lebih kecil dan hemat energi.

BACA JUGA :  Desain Rumah Minimalis 3 Lantai 6x12 Kecil Tapi Nampak Gede! Kok Bisa Gitu?

Dikarenakan aliran air diperlukan oleh hewan air kita, maka bisa kita ganti pasokan oksigen tersebut dengan menanam tanaman air pada kolam ikan minimalis batu kali kita.

Selain untuk ikan, ternyata tanaman yang terletak berdekatan dengan kolam pun akan meningkatkan kesehatan pada lingkungan secara nyata.

Tinggalkan komentar