fbpx

Tips Kandang Beo Minimalis Agar Burung Tetap Sehat Bebas Stres

Kita harus mampu membuat sebuah lingkungan yang bersabahat jika ingin memelihara burung beo di rumah. Dengan begitu, kita tak boleh sembarangan dalam membuat sebuah kandang beo minimalis agar burung bicara ini tetap betah berada di sana.

Misalnya kita bisa membuat kubah dalam bentuk geodesik agar membentuk area yang terang, aman, dan luas bagi beo kita.

Burung beo sendiri merupakan salah satu spesies binatang yang mudah stres. Biasanya ditandai dengan rambut kepalanya yang mulai rontok jika tidak terawat dengan baik.

Burung beo yang stres sulit untuk kita sembuhkan. Maka dari itulah, kita harus mencegahnya dengan membuat kandang beo minimalis yang tepat dengan bererapa aturan, tips, dan langkah berikut ini.

Minimalis Banyak Manfaatnya

sangkar beo dari kayu

Pada dasarnya, kandang hewan yang berupa kerangkeng besi minimalis harus kita tentukan sendiri entah dari segi bentuk maupun ukurannya.

Selain itu, hal yang terpenting adalah dari desainnya yang berupa minimalis. Sangkar sendiri harus kamu jadikan layaknya rumah bagi hewan peliharaan kita, dan bukan nampak seperti penjara yang mengerikan.

Dengan memiliki desain yang minimalis, maka akan menjadi interior tersendiri bagi hunian kita.

Selanjutnya agar kandang tersebut tak nampak seperti penjara, kita juga harus memperhatikan bahan dan ukurannya.

Jangan sampai kita tak menyediakan apa-apa di dalam kandang tersebut. Sediakan mainan dan ekstra space selain tempat bertengger dan tempat makan minum.

Rawat juga bahan dasar besi agar tidak mudah mengalami korosi. Jika bisa, carilah bahan besi yang dilapisi dengan metal anti karat seperti aluminium. Kamu juga bisa menggunakan bahan dasar kayu jika mau.

BACA JUGA :  4 Ide Desain Lampu Gypsum Minimalis Mirip Hunian Mewah Artis Hollywood

Rentang Antara Sel

kandang beo gantung

Rentang antara sel juga harus kita sesuaikan dan tidak bisa menggunakan pola tebak-tebakan saja.

Jika kebesaran maka akan membuat burung kita gampang keluar. Jika kekecilan maka akan mempersempit jarak pandang burung beo, sehingga membuatnya gampang stres.

Exotic Direct sendiri menyarankan kita untuk membuat dimensi bar dengan panjang kali tinggi sebesar 25 x 50 mm, 50 x 50 mm, atau 25 x 25 mm.

Beo memiliki banyak sekali jenis, dan masing-masing darinya datang dengan ukuran yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa semakin besar burung beo yang kita miliki, maka kandang beo minimalis harus disesuaikan, serta rentang antara sel-selnya pun harus mengikuti ukuran seluruh kandang.

Lokasi Penempatan Kandang

kandang beo besar

Kita tentunya boleh menempatkan kandang beo minimalis di area ruang tamu. Namun perlu waspada juga jika ruangan tersebut dekat dengan dapur.

Paparan panas dan bau-bauan aroma memasak (seperti bawang) akan membuat burung beo kita kesakitan dan gampang sakit atau bahkan mati.

Namun jika ruang tamu kamu memang mendukung dan mendapatkan pencahayaan alami dari luar dengan baik, maka akan menjadi lokasi ideal buat mereka. Ruang tamu juga akan mencegah mereka terkena udara dingin di malam hari.

Namun berbeda dengan kandang yang lebih besar, maka mau tak mau harus menyimpannya di luar ruangan.

Tempatkan mereka di beranda atas, teras depan, atau halaman rumah. Yang penting tidak terkena sorotan matahari secara langsung.

Posisi Tempat Makan

kandang hewan peliharaan

Tempat menaruh mangkuk makan dan minum juga harus kita perhatikan. Jangan sampai kita tidak menyesuaikannya dengan ukuran kandang beo minimalis itu sendiri.

Beberapa burung beo doyan makan, sehingga harus kamu lengkapi dengan dua mangkuk yang terpasang lengkap dengan tempat bertengger mereka yang membentang di tengah kandang.

BACA JUGA :  Desain Toilet Jongkok Minimalis Makin Canggih, Penjaga Pola Pencernaan!

Perhatikan juga bahan mangkuknya, karena masing-masing diantaranya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Misalnya mangkuk plastik akan sangat sulit dibersihkan jika terkena minyak. Sementara mangkuk keramik rentan retak dan pecah.

Tinggalkan komentar