fbpx

Layout Gudang Kecil Minimalis Penuh Dengan Kreasi Dekat Hunian

Barang-barang super banyak tak bisa kita letakkan saja di dalam rumah, bisa-bisa hunian akan nampak seperti kapal pecah. Pembuatan gudang kecil minimalis bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan masalah tersebut.

Terlebih jika kamu membuka sebuah warung atau bahkan grosiran, maka gudang kecil ini akan menjadi media penyimpanan yang begitu profesional, sehingga kita pun dapat mengatur barang masuk dan keluar secara lebih baik lagi tanpa harus membuat hunian kita nampak acak-acakan.

Meskipun tak ada pendekatan ukuran dalam penataan gudang, namun masih ada beberapa tips untuk melakukan layout gudang kecil minimalis agar nampak rapi dan enak dipandang baik oleh penghuni rumah apalagi konsumen.

Gudang Kecil Dari Baja Ringan

Gudang Kecil Dari Baja Ringan

Menariknya, baja ringan sudah dijadikan sebagai salah satu material utama dalam pembuatan gudang. Ini karena kekuatannya dalam menahan atap dan dinding cenderung lebih mumpuni, terutama untuk ukuran yang lebih besar.

Baja ringan sendiri ada banyak jenisnya. Dimulai dari H Beam, WF, hingga besi kanal seperti UNP dan CNP, keempat baja ringan ini digunakan untuk area atap dan dinding.

Sekalipun ukurannya kecil, kamu pun boleh menggunakan baja ringan demi menunjang daya tahannya selama mungkin, dan memastikan bahwa barang-barang yang kamu simpan di dalamnya tetap aman dalam jangka panjang sekalipun digoyang gempa bumi.

Gudang Kecil Samping Rumah

Gudang Kecil Samping Rumah

Ada pun buat kamu yang membuka sebuah kios atau warung depan rumah, maka pastikan menambahkan gudang kecil samping rumah jika stok barang belanjaan kamu nampak menumpuk drastis.

BACA JUGA :  Dek Kamar Minimalis, Meningkatkan Fungsi Memperkaya Keindahan

Terkadang kita tak tahu jika perkembangan bisnis maju dengan begitu pesatnya, dan tanpa disadari persediaan barang kita semakin hari semakin banyak.

Inilah momen dimana kamu membutuhkan gudang kecil minimalis demi menunjang agar bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Jika belum ada bayangan tata letaknya, maka kamu harus membuat sebuah blueprint terlebih dahulu, barang apa saja yang harus disematkan dan sistem pergudangan apa yang akan digunakan.

Rata-rata orang menggunakan sistem FIFO, yaitu first in first out yang mana mengambil barang dari gudang yang lebih dulu tersimpan di sana untuk kemudian diecerkan.

Model Rumah Potong Gudang Minimalis

Model Rumah Potong Gudang Minimalis

Salah satu model dari gudang kecil minimalis di samping rumah adalah dengan menggunakan desain rumah potong.

Gaya rumahan ini akan memberikan ekstra luas pada gudang itu sendiri sekaligus memperlihatkan keindahan model bangunan yang nampak modern.

Bagian potongnya sendiri bisa kamu sematkan di depan rumah dengan pola zig zag. Kemudian tambahkan cat resplang minimalis sebagai ciri dari sekat dalam rumah dan menahan kekuatan dari pondasi dan eksterior bangunan itu sendiri.

Lagipula gaya rumah potong sudah menjadi salah satu pilihan banyak orang sebagai hunian mereka di masa sekarang.

Desain Gudang Modern

Desain Gudang Modern

Gaya rumah potong di atas juga termasuk ke dalam gaya modern. Akan tetapi modernisasi bisa kamu tambahkan di bagian eksterior dan interior lebih jauh lagi.

Gudang kecil minimalis modern lebih bernuansa keren tanpa harus berlebih-lebihan. Sebut saja bagian depannya yang nampak kotak utuh dengan sedikit pintu masuk untuk manusia, dan pintu rolling door untuk jalur barang.

Kerangkanya bisa kamu buat dari baja ringan seperti yang sudah dituliskan di atas, sementara dindingnya bisa menggunakan beton atau sandwhich panel.

Sandwich panel ini merupakan lembaran baja bergelombang yang lebih kuat daripada seng.

BACA JUGA :  ✔ 37+ Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai yang Serba Pas

Kelebihannya adalah mampu menahan api. Dipadukan dengan tulangan baja ringan, maka guncangan gempa bumi dan kebakaran pun dapat kita cegah semaksimal mungkin.

Tinggalkan komentar