fbpx

Jenis Gorden Pita Jendela Minimalis Modern Hingga Cara Memasangnya

Gordennya boleh biasa saja saat menutupi jendela, akan tetapi akan berubah menjadi bentuk pita saat diikat pada siang hari. Inilah kenapa aksesoris rumahan tersebut disebut sebagai gorden pita jendela minimalis modern.

Saat terpasang di balik jendela rumah kita, maka akan nampak dari luar begitu indah. Begitupun dari dalam yang jauh lebih terpampang nyata. Dengan begitu dapat memberikan keindahan dari luar dan dalam.

Tapi sebelum kamu menggunakannya, mari kita telusuri terlebih dahulu mengenai segala hal yang dibutuhkan, harga, model, hingga cara pemasangan gorden pita jendela minimalis modern berikut.

Gorden Pita Jendela Kecil

Gorden Pita Jendela Kecil

Gorden pita sebenarnya datang dari berbagai macam jenis dan ukuran. Jadi tak peduli seberapa besar kusen dan teralis jendela yang kamu miliki saat ini, maka gorden tersebut dapat menyesuaikan diri dengan begitu mudah.

Rata-rata penggunaan gorden berukuran besar selalu tersemat di ruang tamu atau ruang utama. Sementara gorden pita jendela kecil rata-rata tersemat di dalam kamar pribadi.

Berkat bentuknya saat dipasangkan di siang hari, maka akan nampak begitu indah dan memberikan nuansa minimalisme secara lebih sempurna. Apalagi jika ruangan tersebut disertai dengan pencahayaan alami yang begitu maksimal.

model gorden pita jendela kecil

Selain itu ada sebuah penelitian baru dari University of Oregon yang menemukan bahwa membuka tirai gorden kita tetap terbuka menjadi salah satu cara agar tubuh menjadi tetap sehat.

Ini karena ruangan gelap lebih mampu menampung 12% bakteri hidup dan terus aktif bereproduksi.

Jadi tetap berikan nuansa hangat dari sinar ultraviolet matahari di siang hari dengan membuka gorden pita jendela minimalis modern sampai malam tiba.

Selain dapat mencegah terkena penyakit berbahaya, gorden yang terbuka dapat meningkatkan kecerahan dan penampilan dari ruangan pribadi kamu secara nyata.

Buat kamu yang menjalani gaya hidup work from home, pastinya akan menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan pribadi. Maka dari itu harus didukung keindahan area kerja tersebut yang salah satunya dengan menggunakan gorden cantik yang satu ini.

BACA JUGA :  Kursi Kayu Kecil Minimalis Ini Cocok Disematkan di Ruangan Mini

Harga Gorden Pita Jendela Minimalis

Harga Gorden Pita Jendela Minimalis

Salah satu keasyikkan yang bisa kita dapatkan dari pembelian gorden pita jendela minimalis modern ini adalah harganya yang cenderung murah.

Secara rata-rata, kita akan menemukan harga antara 50-100 ribu rupiah per unitnya di toko online seperti Tokopedia dan Shopee. Harga ini jauh lebih murah daripada gorden tarik minimalis.

Meskipun terjangkau, akan tetapi mampu memberikan keindahan tiada tara bagi hunian kita dalam jangka panjang.

Tirai ini akan menjadi cara yang bagus untuk menutupi jendela kita sesuai dengan preferensi masing-masing selera.

Selain itu, ada banyak pilihan yang telah tersedia. Bahkan beberapa diantaranya dapat kita modifikasi lagi demi menciptakan susunan indah dan terang.

harga gorden pita per meter

Dengan berbagai macam pilihan warna, bahan, dan desain yang tersedia, maka kita memiliki kebebasan untuk memilih panel gorden impian yang sesuai dengan gaya dan desain interior di rumah.

Gunakan gorden pita jendela minimalis modern ini untuk memancarkan daya tarik yang halus. Bahkan jika disetting dengan tepat, maka bisa menciptakan suasana dan tema tersendiri yang begitu indah.

Sementara di malam hari dapat menjaga privasi ruangan rumah dari hal-hal yang tak diinginkan dari luar.

Gorden sejatinya memang diciptakan untuk tujuan tersebut, akan tetapi para produsen dan profesional dekorasi ruangan mengubahnya menjadi nampak anggun di siang hari pada saat tidak digunakan.

Model Gorden Pita Jendela Kecil

Tak peduli besar atau kecil, selama disesuaikan dengan ukuran daun jendela yang digunakan, maka gorden pita jendela minimalis modern masih bisa memberikan kita sebuah fitur dasar, yakni privasi dan keamanan dari para bigos.

Tapi secara modelnya, ada 2 jenis yang disarankan, yakni:

Model Satu Daun

model gorden jendela satu daun

Dikarenakan ukurannya yang kecil, maka jarang dari kita menggunakan 2 buah daun gorden. Cara diikatkan menjadi pitanya pun tentunya pada salah satu sisi saja.

Akan tetapi masih cukup kuat kok untuk dapat memfilter atau memblokir cahaya masuk di malam hari.

Karena seringkali cahaya lampu luar masuk ke dalam kamar jika tak menggunakan gorden, sehingga mengganggu tidur kita.

BACA JUGA :  Gambar Jerjak Jendela Minimalis Bukan Sekedar Gaya-Gayaan Semata Loh!

Ada loh beberapa orang yang tak bisa memejamkan matanya dan jatuh tertidur jika suasana ruangan nampak terang.

Jadi, jika kamu termasuk ke dalam tipe orang seperti itu, ada baiknya untuk menggunakan gorden pita, sekalipun itu hanya menggunakan 1 daun saja.

Model Kecil Panjang

model gorden jendela kecil panjang

Ada pula jendela kamar yang memanjang hingga ke bawah, sehingga penggunaan gorden pita jendela minimalis modern pun harus disesuaikan.

Model kecil memanjang juga masih sangat cocok diikat dengan model pita. Namun pengikatan harus tepat di area tengah yang dihitung dari atap dan lantai, sepanjang apapun gorden yang kita miliki.

Cara Memasang Gorden Pita Jendela

Setelah berhasil memilih jenis yang kamu inginkan, maka saatnya kita memasang gorden pita jendela minimalis modern tersebut di hunian kita.

Setidaknya ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu:

Tentukan Tinggi Jendela

Cara Memasang Gorden Pita Jendela

Sangat penting untuk bisa memasang batang gorden di tempat yang tepat. Dengan mengetahui panjang dari jendela itu sendiri, kita pun nantinya bisa menentukan panjang dan lebarnya dari sebuah gorden yang akan kita beli.

Tandailah dengan pensil atau pita pengukur dan tempatkan batangnya sekitar 10 hingga 15 cm di atas kusen jendela kita.

Pastikan pula gorden sedikit menyentuh lantai atau bahkan melayang tepat di atasnya. Terutama jika kamu memiliki jendela yang begitu panjang hingga ke lantai.

Pasang Batang dan Gantungkan Gordennya

cara membuat gorden pita jendela

Setelah mengukur dan menampakan penempatan yang tepat, maka kita tinggal menggantung tirai dengan mudah.

Tak perlu repot saat proses pemasangan dilakukan, toh sudah ada hanging rod yang tergantung di atas gorden pita jendela minimalis modern tersebut.

Masukan hanging tersebut ditempatnya masing-masing melalui lubang yang sudah disediakan. Semua gorden pasti memiliki fitur yang sama – tak peduli besar atau kecil ukurannya.

Sebagian besar batang disertai dengan roda dan rel, akan tetapi ada juga yang tidak. Penggunaan roda pastinya akan membuat batangan lebih mudah digerakkan dan terhindar dari keausan, jadi jauh lebih direkomendasikan buat kamu yang ingin menggunakan tirai dalam jangka panjang.

Tinggalkan komentar