fbpx

4 Gambar Jerjak Minimalis dan Cara Mengkreasikannya Pada Rumah

Teralis yang tersemat di rumah kita sebenarnya memiliki 2 fungsi utama, yaitu sebagai sistem keamanan dan elemen dekoratif. Dikenal pula dengan gambar jerjak minimalis, bagian interior ini bisa kita tempatkan di berbagai macam area ruangan.

Kebanyakan orang mungkin masih berpikir bahwa jerjak hanya bisa ditempelkan pada jendela, alhasil orang awam mungkin akan mengira bahwa idealnya tralis memang ditempatkan pada area tersebut saja.

Padahal masih banyak kreasi yang bisa kita jelajahi, dimulai dari penggunaannya pada pintu, dinding, hingga kebun dan pagar sekalipun.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak gambar jerjak minimalis berikut ini.

Gambar Jerjak Jendela

gambar jerjak jendela

Pertama kita lihat dulu bagian yang paling sering disematkan di rumah, yaitu jendela. Gambar jerjak minimalis di atas memperlihatkan bahwa tralis tak hanya berperan sebagai penghias bangunan saja saat dilihat dari luar dan dalam, akan tetapi nampak begitu terpasang dengan kuat pada kusen jendela milik kita.

Alhasil, orang luar tak akan mampu masuk ke dalam rumah sekalipun jendela kaca terbuka. Jika memaksa, mereka harus menggunakan berbagai macam peralatan keras untuk dapat memotongnya.

Para penjahat dan pencuri di malam hari tentunya tak akan berani mengeluarkan suara keras seperti pukulan atau gesekan dari gergaji, sehingga dapat menjadi pencegah kriminalitas terbaik saat kamu tinggal di kota-kota besar.

Selain itu, terdapat pula berbagai macam jenis motif dan pola yang menarik untuk dipilih dan dipasangkan.

gambar jerjak jendela besi

Sebagian besar pola-pola tersebut nampak oriental, karena sejatinya teralis memang sudah digunakan selama ribuan tahun di China.

Sementara beberapa puluh tahun belakangan ini banyak orang yang mengadaptasikannya kepada sebuah hunian modern dan minimalis sebagai sistem keamanan paling paten dan hemat budget.

Rata-rata tralis kaca minimalis ini memang dibuat dari bahan besi. Tapi ada pula yang terbuat dari kayu tergantung fungsi dan penempatannya.

Dikarenakan niatan awal kita memasangkan tralis pada jendela adalah agar mencegah orang lain untuk dapat masuk, maka lebih disarankan untuk memilih jenis yang terbuat dari bahan metal. Lebih kuat maka lebih bagus.

BACA JUGA :  Desain Pagar Pagar Hebel Minimalis Super Unik Tak Monoton

Gambar Jerjak Pintu

gambar jerjak pintu

Ada pula gambar jerjak minimalis yang tersemat pada pintu. Di sini kita memiliki 2 buah pilihan menarik, yakni disematkan pada pintu utama sebagai pelapis atau berdiri sendiri pada pintu gerbang.

Perlu diingat bahwa bagian depan masuk rumah haruslah dipersenjatai dengan pintu agar orang tak dapat mengintip dari luar sehingga menyediakan privasi secara penuh.

Tralisnya sendiri pun harus kamu sesuaikan dengan pintu yang telah terpasang di sana. Jika misalnya kamu memiliki 2 daun pintu, maka jerjaknya pun haruslah 2 buah mengikuti gaya dan desain.

Bahkan cara membukanya pun haruslah disamakan agar nampak rapi dan tak bikin sakit mata saat dipandang. Pada gambar jerjak minimalis di atas terlihat jelas bahwa tralis di tempatkan di area luar.

gambar jerjak pintu minimalis

Dengan begitu 2 daun pintu dalam harus diayun ke dalam, sementara 2 jerjak haruslah diayun ke luar.

Desain ini tentunya akan mencegah terjadinya tabrakan atau bahkan mentok antara satu sama lainnya.

Arah membuka yang berlainan ini pun akan menjaga agar kedua elemen tersebut dapat awet selama mungkin.

Jika dipaksakan dibuka pada arah yang sama, maka kemungkinan pintu kayu kita akan cepat rusak dan mengalami keausan.

Gambar Jerjak Besi Minimalis

gambar jerjak besi

Tralis memang bisa kita buat dari berbagai macam bahan tergantung dari fungsi dan penempatannya.

Akan tetapi seperti yang terlihat pada gambar jerjak minimalis di atas, dominannya menggunakan besi.

Alasannya cukup mudah, yaitu agar memberikan manfaat secara multifungsi. Jadi tak hanya sebagai hiasan interior saja, melainkan menjaga agar rumah tetap aman sepanjang hari dan siang.

Selain itu kita pun dapat menemukannya dalam berbagai macam bentuk, pola, desain, dan motif yang beragam dan menarik hati untuk dilirik.

Bahkan saking kreatifnya, ada orang yang membuat pola tenunan dan saling tumpang tindih dengan motif yang begitu rumit. Tentunya semakin menampilkan sisi seni dan keindahannya, maka harganya pun akan semakin mahal.

gambar jerjak besi minimalis

Kelebihan tralis besi seperti pada gambar jerjak minimalis di atas adalah dari sisi kekuatan dan bobotnya.

BACA JUGA :  Jenis dan Desain Partisi Outdoor Minimalis Menyemarakan Halaman

Memang besi sangat mudah karatan, akan tetapi posisinya yang berada di dalam ruangan akan membuatnya tetap awet selama yang ia bisa.

Kuncinya hanya satu, yaitu hindari paparan air atau bahkan cairan dan zat kimia asam yang dapat mengikis lapisan luar dalam dari besi itu sendiri.

Untuk alasan ini pulalah tak disarankan menyematkan tralis besi di kamar mandi atau area lembap lainnya.

Sebaliknya, penggunaan pada pintu dan jendela utama di rumah kamu menjadi area yang paling ideal untuk penggunaan tralis dari besi.

Gambar Jerjak Pagar

gambar jerjak pagar

Seperti yang sudah disebutkan bahwa tralis bisa juga kita sematkan pada pagar di depan rumah kita.

Berkat motifnya yang indah seperti yang terlihat pada gambar jerjak minimalis di atas, nampak bahwa tralis sangat menyatu dengan jenis pagar apapun.

Kita bisa menyematkannya pada tembok besi, beton, batu alam, hingga kayu dan bambu sekalipun.

Pasalnya, kita pun dapat menemukan jerjak yang terbuat dari elemen pohon tergantung cara penggunaan dan tujuan dari jerjak itu dipilih.

Khusus untuk kayu, secara tradisional tralis tersebut terdiri dari kerangka ringan berkisi-kisi. Jenis desain ini sangaltah ideal bagi rumah minimalis bergaya rustic.

jerjak pagar rumah minimalis

Selain itu, kita pun bisa membayangkan gambar jerjak minimalis yang tersemat di kebun sebagai pemisah, sekat, atau jalur bagi tanaman.

Elemen kayu berukir indah dengan bernuansa alam ini pun akan menjadi salah satu cara paling sempurna untuk membuat rumah kamu terasa hangat dan ramah.

Kamu hanya perlu memilih desain yang paling disukai atau modern sesuai dengan gaya hunian kamu saat ini.

Disedenderkan pada dinding luar pun menjadi cara terbaik agar rumah nampak ditumbuhi oleh tanaman. Gaya ini sangatlah bersahabat bagi rumah minimalis bertema kontemporer.

Banyak sekali pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi halaman saat ini. Yang terpenting adalah niatnya sama, yaitu mencoba membuat hunian menjadi semakin indah dan tetap aman dari para pengutil iseng.

Tinggalkan komentar