fbpx

Bentuk Kolam Minimalis dan Manfaatnya yang Jarang Orang Tahu

Ornamen bertema air merupakan sesuatu yang banyak orang cari agar tersemat di pekarangan rumahnya. Sebuah bentuk kolam minimalis juga bisa digunakan sebagai alternatif tambahan yang begitu asri dan mendatangkan nuansa alam.

Sepanjang sejarah dan peradaban manusia, perairan buatan kecil ini sudah banyak menawarkan inspirasi dan ketenangan bagi kita sang pemilik rumah.

Sementara sebagian besar pemilik rumah mungkin berpikir bahwa kolam tersebut hanya bisa dijadikan sebagai hunian ikan hias untuk menari-nari dengan bebas, lain lagi buat orang kreatif seperti kamu yang ingin membuatnya nampak minimalis.

Tapi jika tak mendapatkan bayangan apapun mengenai hiasan pekarangan rumah tersebut, mungkin beberapa bentuk kolam minimalis berikut bisa membantu menggugah inspirasi kamu.

Kolam Koi Kaca Minimalis

kolam koi kaca minimalis

Titik utama dari kolam buatan minimalis ini adalah sebuah kaca yang tersemat di sana, sehingga menampilkan ikan koi yang indah dan berdansa dengan cantiknya.

Dengan bebatuan koral putih sebagai penghiasnya, maka akan membuat kolam ikan begitu indah saat dilihat, dan mengundang orang untuk mendekatinya.

Selain itu, susunan batu ini pun akan membantu mencegah pertumbuhan rumput liar yang tak diinginkan.

Alhasil, kita pun tak perlu membersihkannya setiap waktu yang mana seringkali membuat pemandangan kolam kaca ini menjadi kurang begitu menarik saat ditatap.

Pasangkan pula air mancur di tengahnya agar ikan tetap segar dan mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan dalam air secara cukup.

Bentuk Kolam Ikan Air Terjun

bentuk kolam ikan air terjun

Kolam ikan sebenarnya memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai penyerap karbon. Itu artinya, dapat menangkap C2O di sekitar lingkungan rumah dan menyimpannya sebagai energi di darat maupun di air.

BACA JUGA :  4 Kategori Model Kolam Minimalis Depan Rumah yang Boleh Dipilih

Apalagi jika bentuk kolam minimalis ini dilengkapi dengan air terjun buatan, maka akan membuat aliran air terus bergerak dan membuat ikan merasa lebih segar sepanjang hari.

Dampak dari kolam ini pun seringkali membuat area sekitarnya menjadi tumbuh subur, sehingga menjadi keuntungan tersendiri jika kamu mencoba menanam tanaman herbal di sana.

Intinya, kolam ikan dengan aliran air yang bergerak merupakan bentuk dari keindahan alam sekaligus memberikan dampak positif terhadap pekarangan rumah kita secara keseluruhan.

Kolam Bentuk Bulat

kolam bentuk bulat

Sebagai bagian dari tempatnya ekologis bagi keanekaragaman makhluk air, kolam bentuk bulat ini akan nampak begitu elegan jika dipadu-padankan dengan aliran air yang datang dari atas membentuk sungai mini dan air terjun kecil.

Tak jarang fitur aliran air tersebut akan mengundang lebih banyak hewan air seperti katak. Di saat yang bersamaan kolam ini pun akan terhindar dari penyakit.

Seperti yang kita tahu bahwa jentik-jentik nyamuk cenderung tak mampu bertahan dalam air yang bergerak. Belum lagi ada segerombolan ikan yang siap melahap jentik tersebut jika masuk ke area kolam.

Jembatan Kolam Ikan Minimalis

jembatan kolam ikan minimalis

Agar kita lebih mampu berinteraksi langsung dengan kolam dan satwa di dalamnya, maka bisa pula menambahkan fitur jembatan di tengahnya.

Tak perlu takut untuk hinggap di atas jembatan tersebut, toh air yang menguap dari permukaan kolam akan mengurangi panas, sehingga bisa memberikan semacam layanan penyejuk udara secara gratis tanpa AC.

Dengan menempatkan jembatan di tengah-tengah kolam tersebut, juga akan memberikan kita waktu berkualitas bersama keluarga untuk berekreasi di sana.

Silahkan berikan makan kepada ikan-ikan agar berkerumun di dekat kaki kita. Melihat pemandangan tersebut saja sudah dapat menjadi obat stres tersendiri yang murah dan berkhasiat baik.

BACA JUGA :  Penuh Filosofis, Bale Daja Minimalis Menyatu Dengan Gaya Modern

Tinggalkan komentar