fbpx

5 Langkah Mendesain Bale Daja Bali Minimalis Serasa Liburan Setiap Hari

Indonesia dipenuhi dengan beragam seni dan budaya, termasuk rumah adat yang masih mampu diterima oleh masyarakat luas. Namun ternyata ada satu jenis yang berhasil tercium oleh para bule pecinta pulau Dewata, yakni Bale Daja Bali minimalis yang begitu eksotis.

Sebagai tempat yang penuh dengan keindahan pantai dan menjadi surga dunianya para bule sana, pulau Bali sudah menjadi tempat pelarian bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

Diantara mereka pastinya sempat menginap di sebuah penginapan bergaya homestay. Dari sana, rumah gaya Bali ini mulai dikenal oleh penduduk dunia karena sebagian besar penduduknya masih menggunakan Bale Daja Bali minimalis bahkan di tengah-tengah peradaban modern seperti sekarang.

Sekarang pertanyaannya, mungkinkan kita bisa membuat rumah gaya pulau Dewata tersebut?

Jawabannya tentu saja bisa! Apalagi jika kamu mengikuti beberapa tips dan langkah yang telah kami paparkan dengan lengkap di bawah ini.

Pahami Desain Dasar

bale daja bali fungsi

Secara tujuannya, kita akan membuat gaya Bali yang memiliki keseimbangan antara unik dan magis, lengkap dengan warnanya yang subur, bahan baku berkualitas tinggi, dan cara pengerjaan yang mumpuni.

Namun perlu diingat bahwa sebagian besar gayanya dipengaruhi oleh budaya Hindu dan Jawa zaman dulu, sehingga mungkin ada beberapa diantara kamu yang kurang begitu suka dengan nuansanya tersebut.

Jadi, khusus buat kamu yang tak keberatan dan sudah cinta mati dengan nuansa pulau Dewata, maka bisa segera membuat Bale Daja Bali minimalis dengan sentuhan modern dan paten!

Ciptakan Suasana Dengan Bahan Tertentu

bale daja style bali

Pertama-tama, kita harus mampu membayangkan terlebih dahulu nuansa dan suasana dari rumah Bali itu sendiri.

Buat yang belum tahu, gaya Bali sebenarnya menggabungkan seni kontemporer jadul sehingga dekorasi interiornya haruslah menyatu dengan alam.

Jadi sekalipun ingin mencapai sisi minimalisme, maka kamu harus melupakan gaya-gaya luar negeri yang tertutu seperti Skandinavia, Inggris, atau bahkan Prancis.

Bali adalah tempatnya tanaman hijau liar tumbuh, lengkap dengan dedaunan tropis dan flora yang kaya.

BACA JUGA :  Kolam Renang di Lantai 2 Minimalis, Sulit Tapi Berkesan Dramatis

gambar bale daja bali

Semangat dari Bale Daja Bali minimalis ini kemudian harus diimbangi dengan efek menenangkan namun elegan dari potongan-potongan yang juga berasal dari alam itu sendiri, sebut saja kayu, bambu, dan keramik bersahaja.

Sisi yang paling khasnya mungkin terletak pada nuansa spiritualitasnya yang begitu kental. Jangan salah sangka dulu, ini cenderung tak ada hubungannya dengan agama sekalipun dipengaruhi oleh budaya Hindu di masa lalu.

Spiritualitas sebenarnya dapat datang dari mana saja, termasuk diri sendiri. Gampangnya, hunian kita bisa disebut penuh dengan nuansa spiritual jika mampu menyediakan lingkungan yang kondusif untuk bermeditasi.

Cara Mendekorasi Rumah Dengan Gaya Bali

rumah tradisional bali

Setelah tahu cara menciptakan suasana Bale Daja Bali minimalis, maka saatnya beralih ke tahap selanjutnya dengan berpikir secara holistik.

Bayangkan secara mendetail mengenai gaya Bali untuk dimasukan ke dalam hunian kita. Bagian ini tentunya tak bisa kita lakukan secara spontanitas karena memerlukan sebuah keseimbangan dan perencanaan yang matang.

Kuncinya adalah nuansa ruangan jangan sampai teralu sibuk, penat, dan berserakan dengan barang-barang yang modern. Sebaliknya, buatlah nuansa menyenangkan dari alam itu sendiri.

Mosaik ide dan potongan-potongan di setiap sudutnya haruslah dirancang bersama-sama. Biarkan warna-warna khas Bali menyatu dengan aksesoris yang sudah tersemat di rumah kamu lebih dulu.

bahan membuat rumah adat bali

Jika bisa, tambahkan aksesoris bernuansa Bali sebagai furnitur utama termasuk bingkai dengan ukiran jawa, bantal, permadani, dan kain wol lembut dan katun yang nampak begitu indah.

Jangan lupakan juga elemen alami berupa tanaman besar berdaun dan bunga tropis. Jika kamu merasa kerepotan dalam mengurusnya, dekorasi tanaman plastik juga bisa kita temukan di berbagai macam tempat.

Ada lagi elemen solid untuk menciptakan Bale Daja Bali minimalis yang begitu khas dan kental, yakni vas bunga khas Bali dan patung sebagai dekorasi utama.

Maka dari itulah, jika bisa belilah satu atau dua patung saat berkunjung ke Bali sebagai cendramata, yang dapat kamu sematkan di ruang tengah sebagai pengubah suasana dari sebuah hunian modern yang kamu tempati saat ini.

BACA JUGA :  Desain Lapangan Futsal Minimalis, Bisnis yang Bikin Kantong Gemuk

Potongan Kayu yang Digunakan

tutorial membuat rumah adat bali

Kayu solid dan tahan lama dari pohon jati sudah dijagokan semenjak ratusan tahun yang lalu sebagai bahan utama dari Bale Daja Bali minimalis.

Bahkan kayu-kayu ini juga sudah seringkali dijadikan sebagai patung-patung penghias hunian di pulau Dewata – berbeda dengan anggapan masyarakat luas yang mengira bahwa patung tersebut dibuat dari semen atau tanah liat.

Furnitur kayu jati ini pun terus berlanjut hingga sofa daybed dan meja kopi. Keduanya bisa disematkan di ruangan sebagai sarana bersantai yang sempurna.

membuat rumah adat bali dari kardus

Buat kamu yang belum tahu, kasur Daybed merupakan salah satu furnitur yang merupakan sebuah kombinasi antara setengah sofa dan setengah tempat tidur.

Ini tentunya bisa kita temukan di berbagai macam penginapan saat berkunjung ke Pulau Bali. Jadi, sangat kurang sempurna jika kamu tak memilikinya di rumah.

Kamu pun boleh menempatkan kasur daybed dan meja kopi tersebut di dek depan rumah agar nuansa Bali luar ruangan semakin terasa.

Tambahkan Unsur Bambu

cara membuat rumah adat bali

Selain daripada jati, ternyata Bale Daja Bali minimalis pun senang banget menggunakan unsur bambu di sana-sini.

Bahkan orang bali sendiri menilai bahwa tanaman bambu mampu menghadirkan kesan romantis jika tersemat pada area perumahan kita.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan terhadapnya. Misalnya, kita bisa membuat sebuah kanopi dari bambu di area dek demi menciptakan kesan eksotis layaknya di pulau Dewata.

Selain itu, kita pun bisa menempelkan panel bambu yang telah dipernis rapi dan jelas di bagian dinding luar.

Tanaman bambu hidup pun boleh kamu tanam di pekarangan rumah sebagai penyejuk dan menguatkan citra dari Bale Daja Bali minimalis itu sendiri.

Masih kurang juga? Ada loh berbagai macam furnitur yang terbuat dari bahan rotan. Orang bule biasanya doyan banget bersantai di atasnya karena memiliki tekstur empuk dan menghasilkan sensasi menyenangkan saat digunakan.

Manjakan diri kamu sambil bersantai dan beraktivitas di akhir pekan layaknya sedang berlibur ke Pulau Dewata namun dengan budget yang jauh lebih murah.

Tinggalkan komentar